Cari Blog Ini

Memuat...
Jumat, 26 Februari 2010

Pakaian Pengantin Adat Banjar dan Pasar Terapung













Pakaian Pengantin Adat Banjar
Busana Pengantin Banjar adalah jenis busana pengantin suku banjar yang terdiri 4 macam yaitu :

1. Bagajah Gamuling Baular Lulut, yaitu suatu jenis busana pengantin klasik yang berkembang sejak zaman kerajaan Hindu yang ada di Kalimantan Selatan.

2. Baamar Galung Pancar Matahari, yaitu suatu jenis busana pengantin yang berkembang sejak zaman munculnya pengaruh agama Islam dan kerajaan Islam yang ada di Kalimantan Selatan. Amar artinya mahkota kecil yang dipakai pengantin wanita, di Sumatera disebut sunting.

3. Babaju Kun Galung Pacinan, yaitu suatu jenis busana pengantin yang mencerminkan masuknya pengaruh pedagang gujarat danChina di Kalimantan Selatan.

4. Babaju Kubaya Panjang, yaitu suatu jenis busana pengantin yang menggunakan kebaya panjang.
  Pasar Terapung           
 
          Banjarasin sebagai Kota seribu Sungai memang banyak dilalui sungai besar dan sungai kecil (kanal). Budaya sungai terus berkembang, memberikan corak tersendiri dan menarik. Salah satu budaya tersebut adalah PASAR TERAPUNG.
                Pasar Terapung memang menjadi khas Banjarmasin. Bertempat di Daerah Kuin, tepian Sungai Barito adalah pasar yang cukup menarik. Aktivitas dipasar Terapung dimulai pagi hari sebelum matahari terbit antara pukul 05.30 wit sampai pukul 08.00 wit. Barang yang diperdagangkan pun beragam, mulai kue khas Banjar , makanan khas banjar dan buah-buahan khas segar. Tempat jualannya, dari jukung-jukung kwcil.. Kemudian jukung besar/kelotok serta lanting.

0 komentar:

Poskan Komentar